Juli 27, 2011

POCONGGG JUGA POCONG

Resensi oleh Noviane Asmara

POCONGGG JUGA POCONG
Penulis : Pocongg Syahreza
Penyunting: Anwar Syafrani
Proof reader : Dewi Fita
ISBN : 620-220-002-4
Tebal : vi + 142 Halaman
Harga : Rp 36.000
Cover : Soft Cover
Penerbit : Bukune
Cetakan: I, 2011


Awalnya aku nggak tahu apa itu PJP. Setiap buka twitter, selalu saja ada orang yang nge-twit dengan hashtag #PJP. Rasa penasaran pun kian meraung, karena begitu gencar dan seringnya hashtag tersebut hadir di Time Line-ku.
Selidik punya selidik, ternyata setiap hashtag #PJP, mereka mention ke @Poconggg (dengan huruf “g” 3 buah) boros banget yah?
Tapi nanti kita akan tahu, kenapa harus dengan 3, sekali lagi tiga huruf “g”.

Kebetulan pula, (walau sebenarnya yang namanya kebetulan itu menurut sebagian orang nggak ada) di kantorku sudah dua bulan ini ada anak magang dua orang. Ababil alias ABG labil tepatnya. Dan mereka itu cewek yang sok unyu banget dan sok eksis juga. Dan mereka pun minta dibilang anak gaul abiez, walaupun akhirnya kita satu kantor menjuluki mereka berdua Camen, alias cacat mental.

Sebagai orang yang kurang gaul, aku pun bertanya pada kedua camen itu tentang apa itu PJP. Karena nggak mungkin banget kan, orang yang ngaku gaul abiez dan kerjaannya cuma twitteran, fesbukan sambil sesekali tanya-tanya tentang pajak, nggak ngerti apa itu PJP.
Dan, jeng jeng jeng... terbukti kan? Kalau ramalanku ini benar. Mereka tahu apa PJP. Dan kurang ajarnya, mereka ngatain aku orang yang cupu dan nggak gaul.
Huh! Dasar camen durhaka.

Akhirnya, ceritalah mereka bahwa PJP itu adalah sebuah novel yang ditulis oleh orang (kalau memang bisa dibilang orang) yang mengaku sebagai pocong.
Dari sini saja kita sudah diajak bingung. Masa pocong bisa buat novel? Gimana cara nulisnya? Sedangkan tangan saja mereka nggak punya. Sebenarnya bukan nggak punya, tapi kan tangan mereka terbungkus dalam balutan kain ketat putih yang dalam bahasa gaulnya disebut kain kafan. Hihihi, jadi seram.
Tapi hal itu nggak usah kita pikirkan, karena memang bukan urusan kita. Tapi kita baca seperti apa sih kalau pocong punya tulisan? Apa sih yang ia tulis? Apa sih yang ia ceritakan?

Begitu mendapatkan bocoran dari dua anak camen ini yang kebanyakan ketawanya daripada ceritanya, membuat aku semakin penasaran.
Segitu dasyatnya yah? Sampai-sampai nih camen dua, muji-muji terus dan ngakak terus-terusan seperti orang yang nggak pernah susah.
Akhirnya, tawaran yang aku tunggu-tunggu pun tiba―saat mereka menawariku meminjamkan novel PJP mereka (biasa, cari gratisan).

Aku masih ingat, saat itu bosku sedang cuti karena anaknya baru masuk sekolah hari pertama. Dan buku PJP sudah ada di tangan. Maka, dengan sedikit rasa berdosa karena berniat korupsi waktu dengan membaca di tengah jam kerja, aku mulai membaca PJP.
Hasilnya, selama satu jam lebih baca PJP, aku ngakak terus-terusan. Sampai-sampai dua anak camen ikutan nyeletuk.
“tuh kan? Pasti lucu, emang lagi ngetawain yang mana teh?” Tanya mereka kompak dengan tampang penasaran.
Aku hanya bisa kasih tanda supaya mereka diam dan nggak ganggu keasikan bacaku.

Buku Poconggg Juga Pocong ini terdiri atas 14 bab. Di mana pada setiap babnya, kita akan dibuat dari hanya sekedar tersenyum kecil sampai ketawa ngakak yang nggak heran bila sampai guling-guling di lantai. Bab-bab itu adalah:

Perjalanan Seikat Poconggg
Poconggg juga pocong
Cerita horor tidak akan pernah seindah ini, kawan…
Cinta Sejenis
Puisi Cinta
First Date
Iklan
Pray For Aan
Analogi Cinta
Bencong
#Konsultaconggg
Sumpah Pocong
Poconggg Madness
Prediksi Poconggg

Beberapa bab memang berisikan cerita yang sangat dekat dengan perilaku kita sehari-hari―terutama ABG gaul saat ini. beberapa bab lainnya, membahas perihal kehebohan dan berita yang saat itu happening di twitter, misalnya pada bab #Konsultaconggg. Dan beberapa hal yang ia bahas di blog-nya Poconggg.

Nama gue Poconggg. Gue adalah pocong. Buat kalian yang masih bingung, gue jelasin, ‘Poconggg’ adalah sebuah nama dan ‘Pocong’ adalah jenis spesies.
Nah itu adalah pengenalan tentang identitas si Poconggg. Dan ia nggak bisa disebut dengan seorang, karena ia bukan orang, atau nggak bisa juga disebut dengan seekor pocong, karena ia bukan binatang. Maka dibuatlah sebutan seikat pocong. Karena memang begitulah adanya. Ia diikat dan melompat-lompat bukan berjalan.

Buku kocak yang nyeleneh setebal 142 halaman ini, berisi tentang suka-duka seikat pocong muda yang baru bertumbuh bernama Poconggg.
Poconggg sedang memulai kehidupan awalnya sebagai pocong. Ia mempunyai teman sebangsanya bernama Ajwa yang iseng dan beberapa teman dari sesama makhluk angker lainnya semacam gendoruwo.
Poconggg tetap punya hati. Dia punya rasa takut, kadang ia merasa minder terhadap keadaan dan kemampuan dirinya. Hal ini terbukti saat ia menjalankan tugas pertamanya sebagai pocong untuk menakut-nakuti warga komplek. Alih-alih membuat pingsan warga komplek, ia yang terbujur pingsan duluan. Di samping itu, Poconggg bisa jatuh cinta, terbukti ia mampu mengencani pocong cewek bernama Dea. Tetapi ternyata ia pun sering merasa galau juga.
Saat galau, ia tumpahkan semua kegalauannya dalam puisi, dan tak jarang ia pun nyampah dengan nge-twit di twitter dan mengajak followers-nya untuk galau berjamaah.

Buku ini sangatlah ringan dan cocok sebagai bacaan hiburan. Penuturan bahasanya pun terangkai renyah dan mengigit. Bahasa sehari-hari dan berbau gaul pun dipakai di setiap dialog yang terjadi. Hal ini membuat si pembaca merasa menyelami dan ikut terlibat dalam ceritanya. Kita akan terkikik geli, bukan karena kekonyolan si Poconggg, tapi lebih kepada karena kita merasa sedang melihat diri kita sendiri. Seolah-olah Poconggg menyindir diri kita yang mempunyai tingkah laku seperti yang Poconggg ceritakan. Tetapi dalam pemaparan narasi, tetaplah bahasa baku yang digunakan.

Di bab Prediksi Poconggg yang merupakan bab penutup, aku mengambil contoh prediksi yang menggambarkan zodiakku. Berikut prediksi Poconggg untuk orang yang lahir di bawah naungan zodiak Scorpio.

Scorpio
Tahun ini tahunnya Scorpio. Dewi Fortuna, Dewi Kwam Im, Dewi Rezer, semunya berpihak pada orang Scorpio. Ibarat kata pepatah, ojek jatuh tak jauh dari pangkalannya.

Asmara: Amazing
Empat hari setelah membaca prediksi ini kalian akan langusng merasakan keajaibannya. Kalian akan bertemu orang-orang baru yang akan mengisi kehidupan kalian. Setiap ngajak kenalan, pasti sukses. Setiap nembak gebetan, pasti diterima. Setiap minta izin pavar buat ngeduain, kalian bakal dibolehin.

Keuangan: Prima
Rekening bank kalian akan membengkak melebihi otot Bari prima. Apa yang kalian inginkan akan terpenuhi.

Kesehatan: Tiada Tandingan
Luar biasa. Kalian akan terjangkit virus dengan kode NASA 092kl-889/093 yang menyebabkan kalian tak bisa sakit.
Ps: jangan nyoba tiduran di rel.

Karier: Oh My God
Selicin-licinnya jidat Mario Teguh, karier kalian lebih licin di tahun ini. Bisnis kalian akan menggelegar. Sukses berlebihan. Luar Biasa. Salam Super.

Typo yang ditemukan di buku super gokil ini seperti menghembuskan (16), hembusan (16), memerhatikan (4), nafas (72), terlanjur (73) tidak serta merta mengurangi kekonyolan dan rasa kriuk saat membacanya. Tapi akan lebih renyah bila typo-typo tersebut bisa diperbaiki.

Nah, kalau kalian penasaran dan ingin melepaskan sejenak dari bacaan buku-buku yang berat dan membuat kalian stress dan berniat bunuh diri, lebih baik kalian hibur diri kalian dan ngakak bersama si Poconggg sinting ini. Niscaya perut kalian akan sakit dan mata kalian berair saking menahan rasa geli yang tak berkesudahan.
Selamat ngakak dan dicap orang gila.

1 komentar:

  1. Sumpah lucu n bikin ngakak terus-terusan.
    hahahahah...

    BalasHapus